#Ihram

#ihram #jilbab #bajuMuslim
masdagu.blogspot.com - 


Juz-6 dimulai dari surat An-Nisa ayat 148 sampai surat Al-Maidah ayat 82.

QS:Al-Maa'idah ayat:1-2,

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Alloh berulang-ulang mengingatkan agar manusia tidak munafik, salah satu ciri seseorang munafik adalah bila berjanji dia ingkar. Ingkar janji bukan hanya kepada manusia, tapi juga janji kepada alloh. Janji pertama manusia kepada Alloh adalah yang termasuk dalam rukun iman, maka setiap rukun iman harus terus dipenuhi tidak diingkari, yaitu iman kepada  Alloh, Malaikat, Kitab-kitab, Rosul,  hari akhir, Taqdir.

Baca Juga :

Dalam operasionalnya keimanan tersebut harus ditunjukan dengan tindakan ritual dalam rukum Islam, yaitu Syahadat, Shalat, Zakat 2,5% harta, Saum di bulan Romadhon, Haji setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu.

Didalam ritual melaksanakan haji, diwajiban memulai dengan ihram.

Ihram adalah niat mulai menjalankan haji atau umrah. Dalam ihram ada yang namanya pakaian ihram.

Pakaian ihram adalah pakaian bagi para jemaah pria memakai dua helai kain yang tidak berjahit, satu diselendangkan di bahu dan satu disarungkan menutupi pusar sampai dengan lutut.

Tidak boleh memakai baju, celana atau kain biasa. Diperbolehkan memakai ikat pinggang, jam tangan dan alas kaki yang tidak menutup mata kaki ketika salat.

Sementara bagi jemaah wanita memakai pakaian yang menutup seluruh tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan. Sebaiknya memakai pakaian biasa seperti mukena yang dapat menutupi semua aurat.

Pada saat berihram, dilarang melakukan beberapa kegiatan, diantaranya dilarang berburu, atau hanya mengganggu hewan-hewan.

Larangan lainnnya saat ihram yaitu memakai wangi-wangian, memotong kuku dan mencukur atau mencabut bulu badan, Nikah, menikahkan atau meminang wanita untuk dinikahi, bercumbu atau bersetubuh, mencaci atau bertengkar mengucap kata-kata kotor dan memotong pepohonan di Masjidil Haram.

Halaman 

1 | 2


Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive