Segera Bertobat

 

#bertobat #tobat
masdagu.blogspot.com -

Juz-4 dimulai dari surat Ali-Imron ayat:92 sampai An-Nisa ayat:24. 

QS:Ali-Imron ayat:130-136,

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. 

Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.

Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat. 

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. 

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. 

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal. 

Akan mendapat tempat di Neraka mereka yg melakukan Riba, yaitu tempat yg sudah disediakan bagi orang-orang kafir.

Baca Juga :

Kafir adalah orang yang tidak taat dan mempercayai Alloh dan RosulNya,  mereka sudah tertutup telinga, mata dan qolbunya untuk menerima petunjuk yg benar. 

Melakukan Riba, adalah kegiatan Muamalah termasuk saat berdagang atau berkehidupan, menerima bahkan memeras tenaga atau harta orang lain dengan ongkang-ongkang dan keuntungan yg diperoleh dari kerugian yg tidak wajar dari orang lain, karena tidak mengikuti tijaroh dengan benar, yaitu disampaikan dengan transparan tanpa ada yg ditutupi, dilakukan dengan suka-sama-suka, dan imbalan dengan harga yg wajar. 

Sehingga Riba bukan hanya hasil bunga dari menyimpan atau meminjamkan uang secara tidak wajar, yaitu melebihi dari nilai inflasi yg berlaku, atau meminta imbalan dari yg membutuhkan bantuan dengan berlebihan, atau sebaliknya tidak membayar upah dengan wajar atau bahkan orang lain bekerja untuk keuntungan dengan tidak wajar, seperti jaman perbudakan. 

Maka Alloh mengingatkan untuk segera bertobat, artinya bukan hanya mengakui atas kesalahan, tetapi lebih pada tidak akan melakukan lagi kesalahan apapun yg telah dilakukan, sehingga kedepan menjadi orang yg bertakwa, yaitu yg menuruti petunjuk Alloh dan Rosulnya. 

Bagi mereka yg bertobat, Alloh menyiapkan Surga. 

Surga adalah tempat di akhirat yg sangat luas, bagai bumi dan langit yaitu alam semesta digabungkan, penuh dengan kenikmatan yg tidak bisa dibandingkan di dunia, seperti digambarkan kaya akan buah, berbagai daging, tempat nyaman, pasangan yg membahagiakan, dan berbagai hal yg melebihi kenikmatan yg diinginkan saat ini sekalipun. 

Orang bertakwa adalah yg menafkahkan hartanya dengan baik di jalan Alloh, saat susah dan saat lapang tetap bersodaqoh, yang menahan amarah dan mampu memaafkan orang lain, selalu berbuat kebajikan dalam setiap langkahnya, dan segera bertobat bila berbuat kesalahan. 

Untuk tergolong takwa, bukan hanya sebatas melakukan ibadah ritual seperti solat, tilawah, puasa, tetapi lebih dituntut melakukan kehidupan dengan adab, etika, dan perilaku baik yaitu berbuat ma'ruf, serta menjauhi yg munkar. 

Semoga termasuk golongan yg bertobat . . Aamiin. 

Oleh : Rudi Rubiandini | 07 September 2020

Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive