Alloh akan "Memusnahkan" Kaum yang Zalim

 

#zalim #musnah
masdagu.blogspot.com -


Juz-12 dimulai dari surat Huud ayat:6 sampai surat Yusuf ayat:52.

QS:Huud ayat:50,

Dan kepada kaum 'Ad (Kami utus) saudara mereka, Huud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Kamu hanyalah mengada-adakan saja.

QS:Huud ayat:52-54,

Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa".

Kaum 'Ad berkata: "Hai Huud, kamu tidak mendatangkan kepada kami suatu bukti yang nyata, dan kami sekali-kali tidak akan meninggalkan sembahan-sembahan kami karena perkataanmu, dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kamu.

Kami tidak mengatakan melainkan bahwa sebagian sembahan kami telah menimpakan penyakit gila atas dirimu". Huud menjawab: "Sesungguhnya aku bersaksi kepada Allah dan saksikanlah olehmu sekalian bahwa sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan,

QS:Huud ayat:56-58,

Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melatapun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus".

Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu apa (amanat) yang aku diutus (untuk menyampaikan)nya kepadamu. Dan Tuhanku akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain (dari) kamu; dan kamu tidak dapat membuat mudharat kepada-Nya sedikitpun. Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemelihara segala sesuatu.

Dan tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Huud dan orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami; dan Kami selamatkan (pula) mereka (di akhirat) dari azab yang berat.

Kaum Ad adalah kaum yang membangkang kepada rosul Alloh, seperti kaum nabi Nuh sebelumnya yg dimusnahkan Alloh.

Alloh menceritakan berita gaib berbagai kaum yg dibinasakan sebagai ibroh (pelajaran) bagi kaum berikutnya yang mendengar dan mengetahuinya, tentunya saat ini yang membaca dan mengerti isi Al-Quran, bukan hanya membaca lafadz dan hurufnya saja.

 

Ketika nabi Hud mengingatkan saudara-saudaranya kaum Ad agar bertauhid menyembah Alloh yg Esa,  mengajak bertobat kepada Alloh, serta mengajak untuk selalu bersyukur atas nikmat yg telah Alloh berikan kepada kaum Ad, diantaranya adalah hujan yg mampu menyuburkan tanah, sehingga tumbuh sayur, buah, dan rerumputan untuk hewan peliharaan, yg akan mensejahterakan manusia.

Kaum Ad merupakan kaum yg memiliki kecerdasan bidang arsitektur. Mereka juga memiliki peradaban yang maju dan unggul di bidang pertanian. Kaum Ad tinggal di rumah-rumah yang memiliki tiang-tiang besar.

Baca Junga :

Sebaliknya, malah nabi Hud dihina sebagai orang yg telah gila yg dibuat oleh kekuatan berhala sesembahan mereka, dan dianggap tidak mampu menunjukan bukti yg nyata bahwa Hud adalah seorang Nabi, sehingga mereka sama sekali tidak akan mempercayai perkataan nabi Hud.

Kemudian nabi Hud menyampaikan bahwa, tugas seorang nabi hanyalah menyampaikan kebenaran, dan apabila Alloh berkehendak memberi azab, maka nabi Hud tidak bertanggungjawab, serta siap menerima ancaman dari berhala yg mereka percayai, berupa apapun dengan segera.

Nabi Hud menyampaikan juga, bahwa Alloh akan memusnahkan kaum yg zalim dan mengganti dengan kaum lain yg baru, karena mendurhakai rosulNya, seperti kaum-kaum sebelumnya.

Akhirnya Alloh benar membinasakan kaum Ad dengan mendatangkan kemarau panjang, sumur-sumur menjadi kering, binatang ternak mati, dan orang-orang merasa kehausan dan kelaparan. Kemudian didatangkan awan gelap. Kaum Ad pun mengira hujan akan membawa kebaikan pada mereka, padahal mereka dibinasakan dengan angin yang sangat keras, dan amat dingin, ditimpakan selama tujuh malam delapan hari tak putus-putus, maka mereka bergelimpangan mati.

Sementara Nabi Nuh dan para pengikutnya diselamatkan Alloh, syareatnya berlindung di lembah yg tidak tersentuh bencana.

Semoga mendapat pelajaran . . Aamiin.

Wallohu Alam,

Rudi Rubiandini

16 Agustus 2020

Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive