Besi

 

#besi
masdagu.blogspot.com -

Juz ke-27 dimulai dari Surat Az-Zariyat ayat:31 sampai surat Al-Mujadilah ayat:29.

QS: Al-Hadid ayat:24,

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

Dalam ayat ke 24 surat Al-Hadid ini, diingatkan kembali kepada manusia, bahwa Alloh telah memilih Rosul-rosul sebagai penerima wahyu yang berisi firman-firman, kemudian dikumpulkan dan dijadikan mushaf berupa kitab yang sekarang manusia bisa membacanya di setiap jaman yg mengandung isi wahyu yang sama dengan saat diturunkannya dahulu.

Maka bacalah Al-Quran, sehingga mengerti apa berita, perintah, larangan, contoh, kiyas, sejarah yg bisa jadi pelajaran yang menuntun manusia ke jalan yag benar karena mengerti petunjukNya dan mengerti laranganNya.

Selain itu, Alloh berulang kali mengajak manusia untuk melihat dan mempelajari bukti yang nyata yang ada di sekeliling kita bahkan pada diri kita sendiri, juga pada semesta alam yang sangat luas dan indah.

Ketika tadabur alam, sambil menikmati keindahan ciptaan Alloh, bisa meneliti dan menghasilkan berbagai ilmu pengetahuan yang sangat banyak dan beragam yg dikenal dengan istilah Kauniyah, maka manfatkanlah ilmu dari Alloh tsb untuk kemaslahatan manusia yang berguna sehingga kita menjadi manusia yang rahmatan lil alaamiin, yang merupakan sebaik-baik amal ibadah yg bisa terbawa di akhirat yang akan menyelamatkan dan memberi syafaat membawa ke Surga . . . Aamiin.

Besi yang dengan jelas dituliskan dalam ayat ini, telah Alloh ciptakan, dan disebarkan bersama tanah lainnya di seluruh dunia dengan kandungan tertentu, manusia tinggal memilahnya dengan cara diayak, mengumpulkannya, mengolahnya dengan cara dipanaskan sehingga melebur sampai berupa cairan sehingga bisa dibentuk sesuai keinginan, dan menjadikan besi yang kuat yang bisa dipakai dalam berbagai kebutuhan, mulai alat rumah tangga, bangunan yg kuat, senjata untuk pertahanan, dll.

Besi yang murni tidak terlalu kuat dan getas, seperti haknya emas 24 karat cukup lembek dan bila dicampur dengan bahan lain menjadi 20 karat atau lebih rendah maka menjadi lebih keras dan bisa dipakai sebagai perhiasan yang indah.

Begitupun besi, ketika dicampur dengan carbon menjadi Carbon steel maka sifatnya menjadi keras sekali yang biasa disebut Besi Baja. Bila dicampur dengan bahan Chrom setidaknya 13% maka akan menjadi besi yang tahan terhadap karat yang disebut Stainless steel yang sangat berguna. Begitupun bila dicampur dengan Titanium, Molibdium, dan bahan besi lainnya, maka selain besi menjadi lebih buat maka menjadi lebih ringan, karena untuk mendapat kekuatan yang sama cukup dengan ketebalan dan berat yang lebih sedikit.  

Baca Juga :

Namun Alloh mengingatkan, itu semua ketika sudah berguna, harus dipakai dijalan Alloh dan dipergunakan pula untuk menolong agama Alloh dan rosulnya, artinya bukan hanya besi, tetapi segala ilmu pengetahuan harus dipergunakan di jalan Alloh, sehingga akan menambah jumalh amal ibadah yang terklasifikasi rahmatan lil alaamiin.

Kalau memiliki keahlian menjadi penambang, pandai besi, pembuat perhiasan, pembuat perkakas dan alat-alat, ahli biologi, ahli farmasi, ahli medis, kedokteran, ahli sosial, ahli politik, ahli kemasyarakatan, ahli ekonomi, ahli manajeman, dll. semuanya harus dipergunakan demi umat dalam menolong agama Alloh dan Rosulnya, tidak terkecuali. Barulah ilmu-ilmu tersebut menjadi manfaat dan menjadi amal.

Semoga mendapat pelajaran yang berguna . . . Aamiin.      

Oleh : Rudi Rubiandini |01 Agustus 2020


Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive