#Kauniyah Dalam Az-Zumar

 

#manusia
masdagu.blogspot.com -

Juz 23 dimulai dari surat Yasin ayat ke 23 sampai suray Az-Zumar ayat ke 31. 

QS:Az-Zumar:5-6,

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. 

Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan? 

Terus menerus dalam Al-Quran banyak sekali ilmu Kauniyah, yaitu yang menerangkan hasil ciptaan Alloh, agar manusia secara mandiri mencari, melihat, berfikir tentang segala ciptaan Alloh tsb, walau dalam Al-Quran hanya sedikit ulasannya karena Al-Quran berupa ucapan Alloh tidak bisa terlalu panjang lebar. 

Artinya ucapan Alloh dalam Al-Quran sebanyak 30 juz atau 114 surat atau 6236 ayat, sedangkan ciptaan Alloh sangatlah banyak, jauh lebih tebal dari Al-Quran bila dituliskan, bahkan bila air laut sebagai tintanya pun, tidak akan cukup menuliskan semua ciptaan Alloh.

Jadi, jangan meremehkan ilmu Kauniyah. 

Ilmu Kauniyah juga adalah ilmu agama yg akan membawa manusia lebih yakin kepada ketahuidan, tentang Alloh yg maha besar, maha pencipta, sehingga menjauhkan dari kemusyrikan, dan kekafiran. Tapi sering umat manusia terutama muslim, bahkan para Ustadz dan Kiyai menghindari Kauniyah, seolah-olah sebagai ilmu duniawi bukan termasuk ilmu agama seperti yg dianjurkan dalam Al-Quran dan Hadits. 

Tentang penciptaan alam semesta, yaitu Bumi dengan isinya, serta langit yaitu bagian jagat raya yg jauh dan jauh lebih besar dari bumi diingatkan terus oleh Alloh untuk ditafakuri oleh manusia.

Begitu pula proses yg sangat sempurna dari setiap ciptaan Alloh, yaitu berotasi bumi pada porosnya selama 24 jam setiap hari, sehingga ketika bagian bumi yg menghadap matahari dan terang disebut siang, sedangkan yg membelakangi serta gelap disebut malam, terus berulang tiada henti dengan kecepatan yg pasti serta poros bumi bergerak dan mengayun, sehingga efeknya seolah-olah matahari bergerak ke utara dan selatan sejauh 23 derajat, yang mengakibatkan adanya musim dingin dan musim panas di sisi bumi bagian utara dan selatan secara bergantian setiap tahun. 

Perputaran bumi mengelilingi matahari dan perputaran bulan mengelilingi bumi begitu teratur, maka manusia bisa membuat kalender Masehi selama 365,25 hari setahun dan membuat kalender Hijriah selama 29,5 hari sebulan sebanyak 12 bulan setahun.

Baca Juga :

Begitu pula penciptaan manusia dari Jiwa  seorang laki-laki Adam dan kemudian wanita sebagai pasangannya, juga sebelumnya telah diciptaan hewan, termasuk hewan ternak yg dapat memenuhi kebutuhan hidupa manusia, dan sebelumnya lagi tetumbuhan yang menjadi pakan hewan dan manusia  dan lebih sebelumnya lagi hewan dan tetumbuhan sederhana seperti alga dan lumut hijau, dan awalnya diciptakan mahluk hidup bersel tunggal. 

Jadi manusia adalah hasil ciptaan Alloh yg sangat sempurna. 

Khusus mengenani proses terjadinya manusia dalam perut, mengalami tiga kegelapan yg artinya terlapis oleh tiga hal yg melindungi baik dari sinar, maupun berbagai gangguan, yaitu lapis perut, rahim, dan selaput ari. 

Proses tsb tidak ada campur tangan manusia, walau dalam kondisi gelap, semua berjalan sangat sempurna dengan ukuran masing2 komponen dan sel berkembang sesuai ketetapan yg telah ditentukan, tidak berlebih dan tidak kurang, tidak terlalu cepat atau terlambat, berurut tidak saling menyusul, sehingga dari air mani jadilah manusia yg sempurna. 

Semoga mendapat pelajaran . . Aamiin. 

Oleh : Rudi Rubiandini | 27 Agustus 2020

Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive