Yang Memperoleh Kebaikan

 

#Kebaikan

Juz-18 dimulai dari surat Al-Mu'minun ayat 1 sampai surat Al-Furqon ayat:20. 

QS:Al-Mu'minun ayat: 55-61,

Apakah mereka mengira bahwa harta dan anak-anak yang Kami berikan kepada mereka itu (berarti bahwa), Kami bersegera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? Tidak, sebenarnya mereka tidak sadar. 

Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) Tuhan mereka, Dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Tuhan mereka, Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan dengan Tuhan mereka (sesuatu apapun),  Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka, mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya. 

Sering manusia berdoa memohon kepada Alloh diberikan Rizki yang banyak, yang halal, dan bersih, kemudian Alloh memberikan banyak sekali harta, anak-anak, tahta, jabatan, dan kemuliaan di mata manusia, dan penghormatan dari para tetangga, dan teman-temannya. 

Maka sering manusia merasa Alloh telah mengabulkan doanya dan Alloh memberikan kebaikan, sehingga ukuran kasih sayang Alloh kepada manusia menjadi hanya diukur dari banyaknya harta yg Alloh titipkan, termasuk anak, jabatan, penghormatan, yang terlihat secara kasat mata. 

Baca Juga :

Namun Alloh mengingatkan, bahwa mereka belum tentu mendapat kebaikan yang dimaksudkan Alloh, bisa jadi itu hanyalah istidraj yaitu ujian berupa kenikmatan duniawi, yg terasa, terlihat, dan menjadi ukuran keberhasilan secara status sosial. 

Sedangkan manusia yang mendapatkan kebaikan di sisi Alloh, adalah mereka yang :

  1. Orang yang berhati-hati karena takut oleh azab Alloh, yaitu kehati-hatian tidak semata karena mengikuti apa kata guru, ustadz, imam, mursyid, tetapi hasil dari idjtihad pribadi dalam memilih kebenaran sehingga muncul kehati-hatiannya.
  2. Orang yang beriman setelah meilhat dan membuktikan dengan fikirannya tentang kekuasaan Alloh, yaitu orang-orang yg menggunakan fikirannya untuk menjadi beriman.
  3. Orang yg tidak mempersekutukan Alloh, yaitu yg tidak musryrik, yg tidak mengganggap ada kekuatan lain selain Alloh, baik berupa fisik seperti berhala, keris, batu ali, isim, atau bacaan-bacaan mantra sekalipun dari ayat Al-Quran, atau berupa hal yg bukan berupa fisik, seperti jabatan, kekuasaan, dan pengaruh yg dianggap dapat memiliki kekuatan lebih dari kekuatan Alloh.
  4. Orang yg bersedekah karena takut kepada Alloh, yaitu yang sadar bahwa harta yang Alloh titipkan itu adalah ujian dan ada kewajiban untuk dikeluarkan zakatnya, dan disedekahkan kepada keluarganya, kepada tetangganya, kepada temannya, sekelilingnya yg membutuhkan bantuan, dan harta tersebut harus dipertanggungjawabkan penggunaannya di akhirat kelak. 
  5. 5. Orang yang bersegera dalam melakukan kebaikan, artinya ketika seseorang memiliki harta, kekuasan, pengaruh, dipakai untuk melakukan kebaikan membantu orang lain dengan segera, bukan sebaliknya menyulitkan orang lain dengan kekuasaannya, menyulitkan orang lain dengan jabatannya, menyulitkan orang lain dengan hartanya, atau bahkan hanya melambat-lambatkan dalam melakukan kebaikan yg seharusnya sudah dapat dilakukan dengan segera. 

Jadi, makna kebaikan yg Alloh berikan kepada sesorang tidak bisa diukur dengan  yang terlihat oleh mata, tetapi lebih dari itu, saat penggunaan harta, kekayaan, jabatan, pengaruh tsb dilakukan dengan sesuai syar'i yang sesuai dengan perintah Alloh, tentunya disertai dengan niat yg tulus bukan karena riya, karena Alloh akan mengukur amal baik seseorang dimulai dan terutama dari niatnya. 

Semoga kita mampu meluruskan niat karena Alloh . . . Aamiin. 

Oleh : Rudi Rubiandini | 22 Agustus 2020

Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive