Kultum : 4 Golongan Yang Dirindukan Surga

Assalaamu'alaykum wr wb

Alhamdulillahi wahdah wassolaatu wassalaamu ala Rosulillah, wa ala alihi wassohbihi ila yaumil qiyamah ammaa ba'du

Jika kita bertanya ke semua orang, baik dia orang taat atau pelaku maksiat, pejabat atau rakyat, kaya atau miskin, "maukah kalian masuk surga?". Jawabanya pasti mau. Tapi masalahnya mau tidak surganya dihuni oleh orang tersebut?

Nah, ada beberapa orang yang memang dinantikan dan dirindukan surga. Siapakah mereka? Apakah kita termasuk di dalamnya?

Rasulullah SAW bersabda: Surga itu merindukan kepada 4 golongan: orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan orang yang sedang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan.

Pertama: orang yang membaca Al Quran. Kita tahu bahwa Al Quran merupakan pedoman hidup manusia, bukan hanya umat Islam, tapi sekali lagi pedoman manusia. Ketika membacanya satu huruf saja maka ia mendapat sepuluh kebaikan. Itu hanya membaca lho, belum membawa, melihat, dan menyentuhnya, semua itu akan diberi pahala oleh Allah.

Di bulan Ramadhan biasanya kita melakukan tadarus. Tadarus yang dilakukan di masyarakat biasanya hanya membaca, bahkan ada yang hanya sekedar mendengarkan, padahal tidak demikian. Tadarus berasal dari kata darosa - yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran.

Tadarusan mengandung arti Musyarokah, maka maknanya bertambah menjadi saling belajar, atau mempelajari secara lebih mendalam. Jadi tadarusan sebenarnya adalah mentadabburi (berusaha memahami) isi al Quran sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua: orang yang menjaga lidah. Lidah ini daging empuk tak bertulang, tapi bahayanya lebih tajam daripada pedang. Ada ungkapan Arab "kalau luka karena pedang mudah diobati, namun luka karena lidah hendak kemana obat dicari." Banyak keluarga berantakan, kawan menjadi lawan, saudara menjadi musuh, karena lidah yang tak dijaga.


BACA JUGA TENTANG :

Marilah kita jaga lidah ini. Jangan sampai menyakitkan, menyinggung, mengecewakan dan melukai perasaan orang lain. Kata-kata dapat menjadi mutiara namun bil tiada baik dan berguna lebih baik diam seribu bahasa. Banyak wanita dan pria yang masuk neraka karena lidah tak dijaga, menolak orang yang tak dicintai dengan kata-kata yang dibenci, akhirnya gantung diri pakai tali sampai mati.

Sebuah hadis Nabi SAW dalam kitab sahih Bukhari: "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah berkata yang baik atau hendaklah diam."

Ketiga: orang yang memberi makan orang yang kelaparan, seperti fakir miskin, yatim piatu atau anak terlantar. Dalam harta kita pada hakikatnya terdapat hak-hak mereka. Insya Allah jika kita memberikan hak mereka maka kita akan mendapatkan pahala, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Turmudzi bahwa orang yang memberi makan atau minum, meskipun hanya seteguk air dan sebutir kurma untuk orang yang berbuka puasa, maka pahalanya sama dengan orang yang ouasa itu, tidak dikurangi sedikitpun.

Namun jika kita membiarkan anak yatim terlantar, fakir miskin kelaparan, maka kita akan di cap sebagai pendusta agama, sebagaimana firman Allah yang terdapat di dalam QS Al Maun: 1-3

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. …"

Keempat: orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Puasa merupakan rukun islam yang keempat yang diwajibkan kepada kita selaku orang yang beriman, sebagaimana seruan Allah dalam surat Al Baqarah: 183, kalau tidak berpuasa kita akan mendapat dosa, sedangkan jika puasa kita akan mendapat pahala dan dirindukan oleh surga, bahkan dosa kita yang telah lalu akan diampuni oleh Allah. Sebagaimana dalam hadis dalam kitab Sahih Bukhari:

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena iman dan ikhlas, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim)

Demikianlah empat golongan orang yang dirindukan oleh surga. Semoga kuliah singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan kita termasuk ke dalam empat golongan tersebut, dan juga agar kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Amiin ya Robbal Alamiin.


Jangan Lupa Bagikan Ke Keluarga Dan Teman Kamu
Karena
"BERBAGI ITU INDAH"

Share:

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive