Kesehatan : 10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Yang Paling Ampuh

Salah satu penyebab  serangan jantung dan stroke adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Sebenarnya tak semua kolesterol itu jahat karena kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat, namun kelebihan kadar kolesterol dalam darah atau yang sering disebut dengan kolesterol tinggi itu bisa mengakibatkan pembentukan plak sehingga membuat aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat.

Saat aliran darah tersumbat, maka resiko terkena stroke dan serangan jantung sangat tinggi. Oleh karena itu kadar kolesterol dalam darah harus selalu terjaga dalam keadaan normal. Nah, lalu bagaimana kita jika sudah menderita kolesterol tinggi? Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun daripada harus terus mengonsumsi obat kimia, ada cara yang lebih praktis dan efektif untuk menjaga kadar kolesterol sekaligus menurunkan kolesterol jahat, yaitu dengan menjalani hidup sehat.

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan alami yang menyehatkan seperti buah. Nah, kamu harus tahu bahwa ada banyak buah yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol sekaligus sebagai penurun kolesterol yang efektif. Mau tau buah apa saja yang ampuh untuk menurunkan kolesteri]ol? Simak penjelasan khas Omkumis di bawah ini. 

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis termasuk buah yang efektif menurunkan kolesterol. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis paling besar dibandingkan dengan buah lainnya.  Flavonoid ini adalah senyawa yang bisa membantu untuk menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh sekaligus membantu mengeluarkannya dari tubuh. Senyawa  flavonoid inilah yang membantu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan sekaligus mampu menurunkan trigliserida.

2. Delima
Delima juga menjadi buah yang ampuh menurunkan kolesterol. Dalam buah delima terkandung senyawa flavonoid yang tinggi sehingga kadar lemak jahat bisa turun jika mengonsumsi buah ini. Selain itu dalam buah delima juga terkandung oksida nitrat yang bisa membantu menghilangkan plak dalam pembuluh darah yang terjadi akibat penumpukan kolesterol jahat.

3. Apel
Apel disebut sebagai buah dengan sejuta manfaat. Apel juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Apel mengandung zat beta glucan yang bermanfaat untuk membantu mengontrol produksi kolesterol yang ada di dalam tubuh sehingga tidak melonjak secara cepat. Selain itu apel juga mengandung zat pektin yang efektif menekan jumlah kolesterol dalam tubuh.

4. Anggur
Buah anggur juga dikenal sebagai buah penurun kolesterol yang ampuh. Mengonsumsi anggur secara rutin berguna untuk meyeimbangkan kadar lemak jenuh dan tak jenuh dalam darah sekaligus untuk mengusir kolestrol jahat dalam tubuh. Hal ini karena dalam buah anggur terdapat kandungan likopen yang bermanfaat  untuk membantu menurunkan kolestrol jahat sekaligus mengusir kolestrol tubuh yan

Jadikan Setiap Kejadian Menjadi Kebaikan

5. Tomat
Tomat sering dipakai dalam masakan.Namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi tomat juga efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam tomat terkandung zat flavonoid yang membantu menghambat produksi kolesterol jahat yang berlebihan sekaligus mampu menurunkan trigliserida. Selain itu dalam tomat juga terkandung senyawa likopen yang merupakan antioksidan penting untuk mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

6. Jambu merah
Jambu merah diketahui memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan efisiensi metabolisme. Ternyata jambu biji atau jambu merah juga efektif menurunkan kolesterol dalam darah. Dalam jambu diketahui mengandung zat flavonoid dan juga likopen yang berguna untuk mengontrol produksi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar trigliserida.

7. Semangka
Semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini karena buah semangka merupakan buah yang kaya akan likopen. Seperti sudah dijelaskan di atas, likopen sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Zaitun
Zaitun sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Ternyata buah zaitun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena dalam buah zaitun terkandung senyawa hydroxytyrosol yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu zaitun mengandung senyawa yang dapat menekan jumlah asam lemak jenuh dan kolesterol

9.  Blueberry
Blueberry dikenal sebagai buah yang sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dalam buah blueberry terkandung zat pterostilbene yang tinggi. Senyawa inilah yang diketahui berguna untuk melarutkan kolesterol sekaligus antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas.

10. Alpukat
Meskipun dikenal sebagai buah berlemak, namun ternyata alpukat sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Dalam alpukat terdapat kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal yang sangat berguna untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah sekaligus menjaga pembuluh darah dari resiko tersumbat akibat kolesterol.



Jagalah Kesehatan Kamu, dan bagikan ke teman , karena 

"BERBAGI ITU INDAH"
Share:

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive