#Nabi Yahya "putra nabi Zakariya"

#Nabi Yahya "putra nabi #Zakariya
masdagu.blogspot.com - 

Juz 16 dimulai dari surat Al-Kahfi ayat:75 sampai surat Al-Anbiyaa ayat:135. 

QS: Maryam ayat 12-15,

Hai Yahya, ambillah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak, dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa, dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka. 

Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. 

Ketika nabi Zakariya memohon keturunan, padahal sudah tua dan istrinya pun mandul, Alloh mengabulkannya dengan memberi seorang anak yang soleh yaitu nabi Yahya. 

Beliau merasakan kegembiraan yang sangat dalam karena malaikat telah memberitahukannya tentang kelahiran seorang anak lelaki yang diberi nama Yahya oleh Allah. Dengan kemuliaan yang agung ini, Allah menyampaikan berita gembira kepada Nabi Zakaria, bahwa anaknya akan membenarkan kalimat Allah dan akan menjadi seorang yang mulia serta menjadi seorang Nabi dari orang-orang yang saleh. 

Nabi Yahya lahir tiga bulan sebelum kelahiran nabi Isa. 

Baca Juga :

Nabi Yahya mendapat perintah untuk mempelajari dengan sungguh-sungguh kitab Taurat, mengamalkan isinya, dan menyampaikan kepada umatnya. 

Nabi Yahya mendapat hikmah dari Alloh, sejak masih kanak-kanak mampu memahami kitab Taurat dan pendalaman dalam hal Agama. 

Sejak kecil dia telah diajarkan Taurat oleh Nabi Zakaria dan mulai dakwahnya. Ayah dan anak tersebut menjadi guru bagi kaum Bani Israil dalam berbagai banyak hal. 

Nabi Yahya diberi anugerah memiliki rasa kasih sayang kepada sesama dan bersih dari dosa, serta nabi Yahya termasuk orang-orang yang bertaqwa. 

Nabi Yahya dikenal sebagai berbakti kepada kedua orangtuanya, juga dikenal bukan sebagai orang yang sombong, serta bukan orang yang durhaka.

 

Alloh berfirman, bahwa nabi Yahya telah diberkahi kesejahteraan saat kelahirannya, baik secara fisik, yaitu menjadi bayi yang sehat sampai dewasa, begitu juga non-fisik berupa kemampuan 

Halaman 
1 | 2
Share:

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG

Translate

ARTIKEL POPULER

Artikel Bermanfaat Bagi Kehidupan

POSTINGAN TERBARU

Analisa GOLD 26 Nopember 2021

mari kita simak XAUUSD dalam 1 Jam untuk menentukan Level harga Support dan Resistance intraday berikut: Resistance2 (R2) : 1812...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label Clouds

Blog Archive